Bubur Manado

Ide Resep: Bubur manado (tinutuan)

Bubur manado (tinutuan). Tinutuan atau Bubur Manado adalah makanan khas Indonesia dari Manado, Sulawesi Utara. Ada juga yang mengatakan tinutuan adalah makanan khas Minahasa, Sulawesi Utara. Tinutuan merupakan campuran berbagai macam sayuran, tidak mengandung daging.

Bubur manado (tinutuan) It is basically a rice porridge cooked with sweet potatoes, cassava, pumpkin and also veggies like spinach. Tinutuan, also known as bubur manado or Manadonese porridge is a specialty of the Manado cuisine and a popular breakfast food in the city of Manado and the surrounding province of North Sulawesi, Indonesia. Tinutuan atau Bubur Manado adalah makanan khas dari Manado – Provinsi Sulawesi Utara.
Kamu dapat memasak Bubur manado (tinutuan) dengan menggunakan 22 bahan dan 7 langkah. Berikut cara untuk kamu menyajikan Bubur manado (tinutuan).

Bahan-bahan untuk membuat Bubur manado (tinutuan)

  1. Siapkan Bahan bubur:.
  2. Sekitar 4 piring nasi.
  3. Siapkan 1/2 ikat bayam.
  4. Kamu butuh 5 potong labu kuning (bersihkan kemudian rebus).
  5. Kamu butuh 1/2 batang jagung, sisir jagung.
  6. Sekitar 5 siung bawang merah (iris tipis).
  7. Siapkan 3 siung bawang putih (iris tipis).
  8. Siapkan 1 batang sereh uk besar (geprek).
  9. Siapkan 1 lembar daun salam.
  10. Kamu butuh 3 lembar daun jeruk.
  11. Sekitar secukupnya Garam, gula, kaldu jamur.
  12. Siapkan 1 lt air matang.
  13. Kamu butuh Topping: ikan asin.
  14. Siapkan Bahan sambal:.
  15. Siapkan 3 siung bawang merah.
  16. Sekitar 2 siung bawang putih.
  17. Kamu butuh 20 cabe rawit merah.
  18. Kamu butuh 3 cabe merah keriting.
  19. Kamu butuh 1 buah tomat uk sedang.
  20. Kamu butuh 1 sachet terasi.
  21. Kamu butuh Minyak untuk menumis.
  22. Kamu butuh secukupnya Garam, kaldu jamur.

Ibarat Nasi Goreng di Pulau Jawa atau Mpek-Mpek di Palembang begitu juga halnya dengan Tinutuan. Resep Bubur Manado – Wikipedia Indonesia, Tinutuan atau bubur Manado adalah makanan berupa bubur sayur yang khas dari Manado, Sulawesi Utara Indonesia. Cara membuat bubur khas manado tinutuan sangat mudah, bubur manado sendiri adalah beras, ubi atau singkong dan labu yang dimasak hingga menjadi bubur. Sementara yang sudah ditambahkan. bubur manado alias tinutuan.

Tahap-tahap pembuatan Bubur manado (tinutuan)

  1. Siapkan bahan bubur.
  2. Masukan nasi kedalam panci kemudian masukan air 1 lt, bawang2an, jagung, sereh, daun jeruk, daun salam. Masak dengan api sedang.
  3. Jika nasi sudah mulai menjadi bubur masukan bayam, labu kuning, garam, gula dan kaldu jamur. Aduk2 sampe rata. Kecilkan api. Koreksi rasa, sambil terus di aduk masak sampai bayam layu dan labu kuning hancur. Kalau mau bubur lebih encer bisa tambahkan air matang lagi kemudian tinggal tambahkan sedikit lagi garam, gula dan kaldu jamurnya.
  4. Untuk sambalnya: siapkan bahan, panaskan penggorengan, masukan minyak kemudian tumis bahan sampe matang (untuk terasi tumis sebentar saja karna akan mudah hancur).
  5. Jika sudah matang, angkat kemudian blender sambal sampai halus.
  6. Tumis kembali sambal dengan sedikit minyak, masukan garam, dan kaldu jamur secukupnya. Aduk2 angkat dan sajikan.
  7. Bubur manado dan sambalnya siap di nikmati, sajikan dengan ikan asin lebih nikmat.

Popularitas Tinutuan tak dapat disangsikan lagi. Makanan yang sarat gizi ini bahkan menjadi santapan wajib istana di era Presiden Soeharto. Tinutuan, also known as bubur manado or Manadonese porridge is a specialty of the Manado cuisine and a popular breakfast food in the city of Manado and the surrounding province of North Sulawesi. Bubur manado atau yang biasa disebut tinutuan begitu populer di kalangan masyarakat luar daerah Manado. Bubur beraroma kunyit dan serai ini benar-benar menggugah selera.